Senin, 19 September 2016

Galau Mau Beli Soundcard Merk dan Type Seperti Apa ?





Selamat pagi sahabat remixer indonesia, sebagai tindak lanjut dari postingan saya yang kemarin karna ada beberapa pertanyaan dari sahabat remixer indonesia mengenai "Mau beli soundcard cuma bingung merk dan type apa yang bagus ?" nah dipostingan ini saya akan bahas secara singkat padat dan jelas.

Sebelumnya mari kita cari tau apa itu soundcard.

Soundcard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Soundcard atau yang lebih kita kenal dengan kartu suara adalah suatu komponen yang terdapat  dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.

Simplenya begini biar ga bingung. SOUND CARD yang artinya KARTU SUARA, jadi klo di PC mu ga ada soundcard artinya PC mu "Bisu" ga bisa mengeluarkan suara. simple kan.

Jenis - Jenis Soundcard

a. Soundcard Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Soundcard On Board merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hampir semua jenis motherboard.


b. Sound Card Offboard (PCI), yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. 
Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.



c. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
Sound Card External merupakan kartu suara terbaru sekarang ini, pemasangannya seperti USB, banyak keungggulan dari sound card ini dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Sound card external sangat cocok untuk kegiatan rekam-merekam suara.





Cara kerja Soundcard

Sound Card dapat mengubah  suara dalam bentuk sinyal digital ke dalam bentuk sinyal analog yang dikeluarkan oleh speaker. Sinyal digital tersebut sebelumnya telah disimpan dalam memori komputer dalam bentuk format waveform (.wav atau mp3). Format data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter ) mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Selain menghasilkan suara , sound card juga dapat berfungsi sebagai perekam dan pengolah suara. Suara yang masuk lewat membran microphone masih berbentuk sinyal-sinyal analog. Sinyal analog tersebut diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter) Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang continyu. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

Jadi kurang lebih Informasinya seperti diatas. Dan balik lagi ke pertanyaan kita sebelumnya. "Kira-kira kalo saya ingin beli soundcard itu yang jenis dan merk apa bang ?".

Jadi begini pemirsah. Sebelum sahabat remixer berniat membeli soundcard ada kalahnya sahabat remixer harus tau dulu kebutuhannya untuk apa, dan berapa chanel Input dan output yang dibutuhkan.

Contoh. Saya seorang remixer dan penyanyi, saya ingin merekam (Take Vocal) suara saya sambil maen gitar secara bersamaan, dan dirumah saya ada speker monitor 1 pasang (2 buah, kiri-kanan) soundcard yang bagaimana yang saya butuhkan ?

Oke simak penjelasannya berikut. Apa itu Input dan output ? Input adalah suara yang masuk kedalam PC. dan Output suara yang keluar dari PC. Dari contoh diatas saya ingin memasukan suara Vocal saya sekaligus suara gitar saya secara bersamaan, lalu bisa langsung di dengarkan di speaker monitor saya. jadi berapa Input dan output yang saya  butuhkan ? Jawabannya adalah 2 input dan 2 Output. Masih kurang jelas.

Contoh lagi. Saya ingin membuka Studio Recording rumahan sederhana, alat band yang akan saya rekam adalah : 3 buah gitar, 1vocal, 1keyboard, dan Drumset. soundcard yang seperti apa yang saya butuhkan ?

Sebelum saya jawab, coba lihat lagi macam-macam soundcard diatas ada 3 biji. Nah untuk recording sederhana dengan bujet terbatas kamu bisa pilih soundcard dengan jenis firewire kenapa ? dari contoh diatas kamu ingin take DRUMSET live beserta alat-alat lainnya. Kamu butuh kecepatan data yang akurat untuk merekam alat2 band diatas, maka dari itu saya sarankan kamu belilah soundcard yg jenis Extrenal Firewire dengan 14 input dan 4 output. Jika tidak ada anda harus sesuaikan dengan kebutuhan inputnya. karna untuk drum saja kamu butuh 7 input. itu klo bujet terbatas klo bujet melimpah ruah tentunya kamu butuh Mixer console (Mixer digital). beda pembahasan ya, nanti saya jelaskan di next postingan tentang mixer digital.  

Contoh terakhir : Bang saya pengen jadi remixer, saya cuma butuh soundcard untuk buat musik saja kok ga buat recording dan saya belum ada speaker monitor. kira2 saya beli soundcard dulu apa beli monitor dulu ?

Ini juga pertanyaan banyak saya dapati. Simplenya begini. Klo ente beli speaker ga ada soundcard trus speakernya colok dimana ? "di hidung bang :p" hehehe..
Paham ya. jadi agan harus beli soundcard dulu, jenisnya yang bagaimana kan cuma buat musik doang. Gini. coba buka pikiran anda. Apakah hobby anda ini cuma untuk sebulan dua bulan ? atau apakah ini hobby saya, hidup saya, remix for life!! forever!!! MEDEKAAA!! hahahha.

Jika hanya cuma sekedar iseng-iseng ikuti trend, saya sarankan dari pada buang2 duit beli yang mahal-mahal, cari saja soundcard dengan jenis OffBoard (PCI) kan ga ada speaker monitor jg. klo pun ada paling cuma sembada bisa di output pake jack kecil (jack ke HP). cari yang murah2 saja seperti asus xonar cuma 300rb-800rb'an tergantung jenis, atau bisa beli merk-merk dari soundblaster.

Tapi jika menurut anda ini adalah hobby dan hidup saya, ada baiknya anda memikirkan hal-hal yang lebih luas. Beli lah soundcard dengan jenis USB 2 input dan 2 output. "tapi bang kan saya ga butuh buat rekam sama speaker kan ga ada, jadi mubazir dong ?". Betul!! cuma kan kita tidak akan tau kedepannya bagaimana, coba bayangkan dalam 1 tahun musik yang kamu hasilkan disukai banyak orang, trus kamu dapet request'an dari DJ-DJ terdekat, trus kamu dapet duit dan pengen berkembang lagi, tentunya kan kamu pasti berfikir akh! saya harus beli speaker neh biar tambah ajib, Akh! kek nya seru kalo sample voice pake suara sendiri, Akh! kek nya seru neh klo bisa take vocal suara yayang tercinta trus dibuat remix. Hayoooo gimana ? udah kepikirankan ga ada yang mubazir ? dengan soundcard yang saya sarankan tadi. 2input dan 2output kamu bisa lakukan semua hal-hal yang saya sebutin diatas. ^_^ cie cie cie..

Oke bang sekarang saya sudah paham, tapi masih bingung merk apa yang kira-kira yang bagus, harganya terjangkau dan tentunya soundnya mantaf ?.
Kalo ngomongin merk pastinya semua merk itu bagus karna dibuat dengan segala fasilitas keunggulan dan kekurangan masing-masing. "trus saran dari abang apa neh bang, saya butuhnya yang 2 input dan 2 output aj deh, kan buat produksi dikamar aja sambil coli. xixiix.. ". wew

Baiklah klo begitu, karna yang ditanyakan cuma buat remix 2 input dan 2 output. saya akan rekomendasikan beberapa soundcard USB dibawah ini yang memiliki sample Rate sama yaitu 24bit / 96 kHz dan memiliki output cable TRS.
Apa itu sample rate bang? Kira kira begini artinya. Banyaknya suara yang direkam dalam satu detik, semakin banyak sample suara maka semakin halus suaranya. mirip seperti video FPS (Frame per secon) artinya semakin halus dan jernih suatu gambar maka fps nya semakin besar. HD

Lalu apa juga itu cable TRS, trus memangnya berpengaruhkah ? cable TRS itu seperti gambar dibawah ini,



saya sengaja tidak mengambil contoh soundcard dengan konektor output RCA karna biasanya kurang bagus. baik dari segi sample ratenya. jadi harus dipahami ya. contoh rekomendasi soundcard dibawah ini adalah memiliki kelas yang sama tapi dengan harga-harga yang berbeda. semua punya kelebihan dan kekurangan. silakan cari lagi lebih dalam sebelum menentukan untuk membeli salah satu produk yang saya rekomendasikan dibawah ini. 



1. presonus audiobox 22VSL

Harga Rp. 2.800.000


spesifikasi :
24bit / 96 kHz 2 x 2 USB 2.0 recording interface
2 i/o, Midi in/out, low latency, low noise
- 2, dual-purpose, front-panel input channels, each with:
Combo XLR mic and balanced " instrument input
Class A XMAX mic / instrument preamp
- Individual channel-trim controls with 0 to +35 dBu mic gain range
- 48V phantom power for condenser microphones (global)
- Mixer control (blends the input signal with the computer playback stream for zero-latency monitoring)



2. Scarlett 2i2


 Harga Rp. 2.300.000

Spesifikasi :
in / out USB audio interface
96 KHz, 24-bit conversion
Focusrite microphone preamplifiers

line/mic/instrument combination inputs high quality XLR/ TRS Jack Combo
Line/Instrument switches
Gain knobs
Gain halo signal indicators
48V Phantom power switch



3. Steinberg UR22 MK2


Yang ini sampe rate 192/24bit, saya rekomendasikan yang ini.
Harga Rp. 2.800.000


Steinberg UR22 USB 2.0 Audio Interface Features:
- Excellent 24-bit/192kHz USB 2.0 audio interface with phenomenal analog and digital circuitry
- 2 analog inputs and 2 analog outputs
- 2 x Steinbergs D-Pre Class A discrete mic preamps with +48V phantom power onboard give you excellent analog sound
- Latency-free hardware monitoring
- Cross-platform compatibility for Mac OS X and Windows
- Includes Cubase AI music production software




Untuk kelas yang agak high! bisa ambil yang  ini.

4. Native instrument Komplete 6


Harga Rp. 3.700.000

Native Instruments Komplete Audio 6 USB Interface Features:
- sample rate 24bit/96Khz

- 6-channel audio/MIDI interface plus sequencing, production, and instrument software
- 4 analog inputs, 4 balanced analog outputs
- Digital stereo input and output (S/PDIF / RCA) for lossless signal transmission
- MIDI in/out for master keyboard, Maschine, or any third-party MIDI controller
- Headphone output with independent level control and source switch
- Completely USB powered, with an extra sturdy custom USB socket
- Low-latency performance for using virtual instruments and effects



5. Steinberg UR28M (punya saya dirumah yang ini gan)




Harga Rp. 3.800.000


FEATURES
24-bit/96-kHz USB 2.0 audio interface
Analog 4 in and 6 out plus stereo input for reference source
S/PDIF coaxial I/O
D-Pre Class-A discrete mic preamps supporting +48V
Latency-free DSP-powered monitoring with one REV-X reverb and four Channel Strips with any DAW by using the latest dspMixFx technology
Native VST 3 plug-ins of REV-X and Sweet Spot Morphing Channel Strip 



6. Focusrite designed the Saffire PRO 14 (Firewire)



Harga Rp. 3.500.000

Feature :
Incredible Flexibility, Pro Quality, Great Price, 24bit/96Khz.
When you want to get your mic or instrument signal to your DAW with the highest possible quality, then you need Focusrite. And now, Focusrite packs that unparalleled quality into a compact, feature-rich, desktop-friendly FireWire interface thats priced well within your reach. The Saffire PRO 14 gives you an 8-in/6-out box thats absolutely loaded with great stuff starting with two award-winning Focusrite preamps. You also get an onboard low-latency 18 x 6 DSP mixer, an amazing suite of VST/AU processing plug-ins, Ableton Live Lite 8 software, and even a bundle of outstanding loops and synths. Ready to get great results? Then youre ready for the Saffire PRO 14!


Jadi kesimpulan dari pembahasan ini adalah "bagaimana cara mengetahui soundcard yang cocok untuk kebutuhan anda. Agar nantinya produk yang anda beli bisa memuaskan dahaga anda serta bisa menghasilkan sound audio yang baik tentunya".  
Oke segitu saja untuk pembahasan masalah soundcardnya. seperti biasa, sebelum membeli ada kalahnya agan cari lagi review yang lebih banyak biar puas. Jika hal itu sudah dilakukan dan memang sudah deal akan sebuah produk yang saya sarankan silakan cari produk tersebut ditoko-toko terdekat dikota anda, jika tidak ada anda bisa pesan ke saya.
Call ya No SMS biar jelas. 0852 6692 3322


Semoga bermanfaat. 



Salam Sahabat Remixer Indoensia

1 komentar: