Minggu, 18 September 2016

APAKAH BOLEH Me-MIXING / PRODUKSI MUSIK PAKAI HEADPHONE ?



Selamat pagi sahat remixer setanah air. Mudah-mudahan hari ini sahabat remixer dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat produksi musiknya ya. Amin

Pagi ini saya ada sedikit waktu luang untuk berbagi sedikit cerita. Beberapa hari yang lalu atau dalam setiap bulannya saya selalu disuguhi beberapa pertanyaan dari sahabat remixer setanah air diantaranya :

1. Bang boleh tidak kita produksi musik pakai headphone, klo boleh recomendasi dong headphone yang bagus buat mixing atau produksi musik itu ?

2. Bang saya mau beli soundcard cuma bingung ambil yang merk serta jenis yang bijimana ?

3. Bang speaker yang bagus untuk produksi musik merk apa ya bang ?

4. Bang midi controller yang cocok untuk produksi musik merk apa ya bang, dan harganya berapaan ya ?

Kira-kira pertanyaannya demikian diatas. selalu dan selalu saja saya ditanya 4 hal di atas itu. Dan pagi ini saya akan mencoba menjawab salah satu pertanyaan diatas, dan untuk sisanya saya akan buat postingan lain biar sahabat remixer paham dan enak dibaca.
Oke saya akan menjawab pertanyaan nomor 1. Apakah boleh kita me-mixing/produksi musik pakai headphone ?
jawabannya adalah Boleh dan sangat boleh TAPI..... Nah ada tapi nya... Apa ya.. ??

Begini pemirsah, Headphone itu sangat diperlukan untuk mixing, Editing, tracking dan mastering itu menurut saya pribadi dengan alasan.

1. Untuk mendengarkan Detail hasil dari sample audio yang kita record apakah ada noise disana, apakah ada hal-hal yang berbunyi "Krirrkk" disana. karna dari pengalaman saya bunyi kecil seperti "Krirrrk" itu tidak bisa didengar oleh speaker dan sangat menggangu.

2. Reverb yg berlebih tidak bisa di detek oleh speaker, oleh karna itu kita membutuhkan Headphone untuk mendengarkannya. Saya ada pengalaman saat memixing vocal atau pun lagu. ketika kita dengarkan dispeaker terasa nyaman dan enak, cuma ketika saya dengarkan di headphone suara nya sangat "becek" (Bergema) seperti didalam GOA. Owh!! NO!!!! akhirnya saya mixing ulang. Jadi kita butuh Headphone untuk mendengarkan Reverb ini.

3. Balancing atau Panning. Istilah simplenya kita menyeimbangkan track yang kita buat, contoh seperti perkusi kita Panning (letakan) ke kiri 20% atau lebih. atau intrument-instrument pendukung lainnya kita harus panning ke sudut berapa derajat agar mendapatkan suara yang streo tidak menumpuk ditengah semuanya. saat itu lah kita butuh headphone untuk melakukannya dengan benar.

4. Me-mastering lagu yang kita buat. saya pribadi mungkin karna sudah terbiasa tidak bisa lepas dari headphone tentunya saya sangat membutuhkannya ketika me-mastering lagu yang saya buat, hanya untuk memastikan agar itu lagu enak didengar orang-orang ketika mereka mendengarkannya melalui headphone diHP atau pun dimana saja. Lebih ke stero dan pelebaran sound nya.

Akan tetapi tidak sembarang headphone bisa saya rekomendasikan kepada sahabat remixer semuanya. Hal-hal yang saya sebutkan diatas tidak akan anda dapatkan dengan headphone "ecek-ecek" dengan rentang harga 200ribu sampai 1juta. NO!!! itu akan membuang-buang uang anda dan akan menjadi mubazir.

Saya tidak akan merekomendasikan headphone yang belum pernah saya coba, karna inilah tanggung jawab saya sebagai seorang musisi, apa kata dunia ketika kita membahas headphone berkelas tapi anda sendiri belum pernah mencobanya, hanya tau dari review di google. sekali lagi saya teriakan NO!!!!!

Oleh karna itu jika anda bertanya dan percaya kepada saya headphone apa yang layak untuk saya rekomendasikan kepada anda, Jawabannya AUDIO TEHNICA M50x. kenapa harus headhpone itu ?

1. Ini Headphone sangat bandel, saya membeli headphone ini tahun 2012 sampai sekarang 2016 suaranya tidak berubah, Kuat, dan sangat akurat dalam hal Tracking atau pun editing dan mixing

2. Saya berani bicara soal flat karna FREQUENCY RESPONSE : 15 - 28,000 Hz , sering kali saya memixing musik dimalam hari dan siangnya saya review melalui speker "Yamaha HS8" dan suaranya benar-benar sama. walau ada hal-hal yang harus saya ubah sedikit seperti volume di kick harus saya naikan dan diubah sedikit frequensinya, karna beda rentang low dikuping pada saat sempit (menggunakan headphone) dan pada saat lebar (mendengarkan langsung dari speaker) cuma itu saja, yang lain tetap stabil tidak ada yang perlu di ubah. Artinya ini headphone tidak jauh beda dengan speker flat monitor Yamaha HS8 saya, walau ada hal2 lain diluar dari pada itu kita tetep harus mereview kembali melalui speaker flat monitor, akan tetapi tidak akan banyak diubah paling banyak 10% hasil kerja kita.

3. Saya ada teman, kemarin sempat belajar musik di salah satu studio musik ternama dijakarta yang sudah terverifikasi dan ini studio musik benar-benar standart Nasional. Saat saya bertanya kepada teman saya itu, dia bilang "kita produksi musik atau belajar dikelas menggunakan headphone ATHM50x ini". Lalu saya bertanya kembali apakah hal itu wajar ? jawaban teman saya tidak jauh dari apa yang saya utarakan diatas, "sangat boleh akan tetapi headphonenya harus benar-benar bagus bukan "ecek-ecek" dan tetap diakhir bagian harus kita review kembali dispeaker Flat". dalam hati saya WOW! AMAJING! hehehhe..  

4. Jika kamu memiliki studio recording, atau studio sendiri dirumah yang biasa me-Editing, Tracking dan Mixing Vocal atau pun istrument lain seperti gitar, saya sarankan ini Headhpone, karna dengan ke detail-an nya sangat bisa diandalkan. Apalagi ketika Editing Picth untuk vocal terasa sangat jelas.

5. Tentunya sebelum membeli headphone ini saya juga mereview nya dari google mencari tau kelebihan dan kekurangan Headphone Audio Tehnica M50x ini. Dari kelebihannya ternyata ini headphone dengan harga 2jutaan bisa mengalahkan headphone dengan merk-merk lain yang rentang harga 3jutaan. Bahkan seorang musisi ternama sempat membeli 2 headphone yang sama2 Audio tehnica yang satu m50x yang satu lagi saya lupa type nya tapi harganya diatas 3jutaan. Dan hasilnya Beliau bilang. "Audio Tehnica M50x Ini benar2 Luar biasa. mungkin ini the bast produk untuk headphone dalam produk Audio tehnica". luar biasa bukan ?

Untuk Kekurangannya :

1. Untuk 1minggu pemakaian pertama, ini headphone akan terasa aneh suaranya. Beneran pemirsah. aneh banget. hahhaa.. mungkin karna masih segel trus belum dapet Freq nya jadi semakin kita pakai mulai terasa nyaman dan luarbiasa bunyi nya.

2. Tidak disarankan untuk pemakaian selama 1jam. artinya dalam satu jam ada jedah waktu 10menit untuk rehat, karna "jepitan"nya lumayan rapet jadi sangat sedikit perih di kuping. sampai 4tahun ini saya pakai "Jepitan" nya masih kuat, artinya ini headphone dibuat dengan kwalitas yang sangat bagus.

3. Low respon nya baik cuma beda jangkauan room saja. jadi untuk kick anda harus pelajari betul karakternya agar menciptakan low kick yang enak dan harus tetap review kembali di speker flat anda.

Jadi kesimpulan dari pada tulisan ini adalah, "ada hal-hal yang tidak bisa kamu dapatkan melalui speaker monitor dan pada saat itulah kamu membutuhkan headphone yang bagus untuk menghasilkan audio yang baik". Untuk itu Audio Tehnica M50x inilah yang bisa saya rekomendasikan kepada sahabat remixer semuanya.

Dulu kalo tidak salah ditahun 2012 ketika saya beli headphone ini dibandrol dengan harga Rp. 2.600.000, cuma terakhir saya lihat harganya sepertinya sudah turun sekitar Rp. 2.300.000,- Headphone yang luar biasa untuk harga 2jutaan. Bagi sahabat remixer yang berniat membeli atau sedang mencari headphone yang cocok untuk produksi musik mu tidak salah saya rekomendasikan Audio Tehnica M50x ini, silakan dicari ditoko-toko musik terdekat dikota mu. Jika tidak ada yang menjualnya didaerah kamu, Kamu bisa pesan Headphone Audio tehnica m50x Ini ke saya. 

Oke untuk Review headphone nya saya kira cukup sampai disini. Next jika ada waktu luang saya akan jawab kembali 3 pertanyaan yang tersisa diantarnya :

1. Bang saya mau beli soundcard cuma bingung ambil yang merk serta jenis yang bijimana ?

2. Bang speaker yang bagus untuk produksi musik merk apa ya bang ?

3. Bang midi controller yang cocok untuk produksi musik merk apa ya bang, dan harganya berapaan ya ?


Terima kasih semoga bermanfaat.. 

SPESIFIKASI :

- DRIVER DIAMETER : 45 mm
- MAGNET : Neodymium
- VOICE COIL : CCAW (Copper-clad aluminum wire)
- FREQUENCY RESPONSE : 15 - 28,000 Hz
- MAXIMUM INPUT POWER : 1,600 mW at 1 kHz
- SENSITIVITY : 99 dB
- IMPEDENCE : 38 ohms
- CABLE : Interchangeable cables: detachable 1.2 m - 3.0 m (3.9' - 9.8') coiled cable, detachable 3.0 m (9.8') straight cable and detachable 1.2 m (3.9') straight cable
- ACCESSORIES :Protective carrying pouch, 6.3 mm (1/4") screw-on adapter

GARANSI 1 TAHUN

Harga. 2.300.000

pesan sekarang : 0852 6692 3322 - Iwansteep










Tidak ada komentar:

Posting Komentar