Minggu, 20 Oktober 2013

BASIC TO FUNKOT Untuk Pemula

Selamat malam sahabat Remixer semua. ^_^

Malam ini kebetulan ada waktu kosong jadi ane manfaatkan buat update Blog, maklum ane sibuk gan, jadi blog nya jarang di isi lagi hehehe. [maafkan]

Oke sahabat, pada kesempatan malam hari ini ane mau berbagi cerita ya. klo berbagi pengalaman nanti dikata songong :3 mending kita berbagi cerita saja. Seperti judul diatas "BASIC TO FUNKOT Untuk Pemula" wew.. kok pemula terus seh mas kapan beginnernya.. xixixix.. ane ga berani gan. Nah..!! apa saja yang akan ane ceritakan dalam hal ini..? 

Jadi gini gan, sejak blog ini berdiri beberapa tahun yang lalu sampe sekarang semakin banyak saja teman2 dari seluruh Indonesia jadi sangat tertarik untuk mempelajari cara bikin lagu "Remixer", nah terbukti di beberapa Chat FB atau pun CF ane selalu saja ada inbox yang tanya ini dan itu. Dan belum lagi ketika mereka inbox lagu mereka untuk dimintai pendapat. Jujur ane sebenarnya ga berani berpendapat apa2 karna sedikit banyak lagu2 ane jg masih sangat2 dibawah standart jadi ane cuma bs bilang udah keren :3 [cari aman] cuma ada beberapa teman2 yang emang udah ane kenal dan sejak lama kadang ane harus bicara jujur tp bukan untuk soundnya melainkan "tata krama"nya. jadi beda ye.. klo sound ane bener2 ga berani koment. sama2 tau aje.. :3 

Lah kok ada istilah "Tata Krama" mas.. ape tu. udah kayak si Vicky aje jadinya. hohohooh.. 

1. Tata Krama Funkot
Jadi dulu ane pernah buat postingan tentang "Aturan aturan dalam genre funkot"
Nah dari sana mungkin ane akan benerin lagi untuk memperjelas teman2 yang ingin bener2 serius bikin lagu funkot.
untuk fungsinya bisa baca di tautan diatas itu ye. jadi ane langsung aj.. 

Perhatikan gambar2 dibawah ini. (sebenernya ane pengen kasih gambar projeck FL, cuma ane ga buat lagi bagan dari FL makanya adanya gambar ACID PRO. ga ape2 ye sama aj. Intinya konsep dari bagan lagunya itu sendiri).
"Aliran funkot lempeng" (Hardfunk) atau apelah itu namanya. :3 

Silakan klik digambar untuk memperbesar
KET :
- Loops kosong 8 Bar
- Snare Phase 8 Bar
- Masuk Bassline 8 Bar

- Masuk Moog 8 Bar
- Masuk Voice 16bar : Nah disini kadang teman2 yang baru mulai bikin lagu voicenya kebanyakan. jadi ga tau mana bagian voice utama mana bagian voice pengiring. jadi harus diingat ye. 
- Just Intro 16 Bar ==> Entah ape namanya yang enak. tp intinya itu melody intro sebelum masuk melody Utama. 

Klik pada gambar untuk memperbesar
KET :
- Melody Utama 16 Bar
- Floting : nah apa itu floting ?
Floting adalah jeda atau beat tersendiri untuk mempermanis lagunya.
Tak ada ukuran pas. biasanya 8 atau 16 Bar terserah anda. 
- Masuk Lagu : biasanya klo ane masuk ke Ref cuma beatnya masih beat Floting. "sesuaikan saja dengan selerah anda"
- Masuk melody lagi : intinya biar ga kaget aj gan. jadi kita kasih melody sebelum masuk ke lagunya.
- Masuk Lirik lagu : Disesuikan saja 

 Klik pada gambar untuk memperbesar
KET :
- Masuk Ref 1 "sesuaikan saja"
ada beberapa lagu kadang langsung Reff ada jg dihajar melody lagi. ya Intinya mana yang baguslah..
- Masuk Melody 3. Bikin melody baru ye gan jangan di ulang melody yang udah ada. 
- Floting 2 : Lagi2 untuk mempertegas dan mempermanis lagu saja.
"Sesuaikan saja mau berapa Bar" 
- Masuk Lirik lagi atau langsung mau dihajar Reff ga masalah. Terserah anda.

Klik pada gambar untuk memperbesar gambar
KET :
- Melody Utama Akhir : ini melody yang didepan diletakan kembali, 16 Bar
- Just Intro yang didepan jg masukin lagi 16 Bar
- Voice yang didepan jg di masukin lagi 16 Bar
- Bassline Akhir 8 Bar. tp bukan berarti stop basslinenya. terus hajar same 16Bar cuma pas bar ke delapan,..
- Moog lepas. intinya suara moog nya dilepas. jadi tinggal bassline, piano dan beberapa perkusi saja. Beat ttp jalan
- END. 

Nah dari Gambar diatas saya rasa inti lagu funkot udah ane kupas. lalu bagaimana klo bikin Downbeat. simple saja.
Mulai dari loops kosong sama floting pertama ttp. lalu langsung jatuh ke tempo 130. selanjutnya kasih break sekitar 8 bar untuk naik lagi ke 180 temponya. 

Oke masalah "Tata Krama" udah kita kelarin. sekarang masuk ke bagian 

2. Cara buat Bassline 
Sebenarnya ane jg binun mau tulis apaan ya. karna tiap orang pasti punya selera masing2 cara bikin dan bentuk basslinenya itu sendiri. Cuma karna ada beberapa pelanggan ane yang minta dibuatin contohnya jadi okelah klo begitu. Biar ga pada ribet ane coba kasih contohnya ya..
Ente2 pada boleh unduh FLP nya. dan biar bs detek semua ane pake Bass bawaan FL. silakan unduh disini : 
Bassline sample      Passot : iwansteep                                    
                                                                    
3.Cara buat acapella.
Nah! untuk yang ini kayakna udah banyak tutorial yang ane bikin ye. cuma pada rada males aj liat videonya. ya udin ga msalah. Biasanya ane bikin acapella dari Vsti Etraboy, cuma beberapa pelanggan ane yang menggunakan Windows 7 ga bs load tu Vsti Ektraboy ke FL karna craknya ga jalan. Dari sana jg ane mikir gmn caranya biar teman2 pemula jg bs merasakan ke ajaiban Vsti yang satu ini. Yupp!! simple saja..
siyapin satu program Adobe Audition 3. Sahabat Remixer jg bs load vstinya dari sana. Cara load Vstinya bijimana.. ? Simak video yang satu ini. karna gambar nanti ga ngerti makanya mending nonton videonya saja yee :  Video cara load Ektraboy   Linknya ada disana. (Jika Ektraboy habis masa berlakunya, tinggal masukan email dan passot sembarang saja, dijamin pasti jadi full lagi) 
                  


                    
4. Tips buat melody.
Nah! ga ada patokan secara khusus cara bikin melody atau istilahnya "ngebatik" Melody di FL. intinya simple saja. Gunakan suara mulut dulu, lalu pelan2 sama kan dengan not not yang ada di piano Rollnya FL. jangan di buat pusinglah :3 

5. Tips end Trik. 
- Untuk pengguna FL. Gunakan mixer channel untuk beberapa sound utama. diataranya. Bassline, Moog,Melody dan beberapa perkusi secukupnya. Efeck - efeck yang biasa digunakan yaitu : Compresor, Delay, Reverb dan Multiband Compresor.

- Pastikan Acord lagu harus sama dengan Acord yang anda batik di FL. terkadang banyak teman2 pemula bikin lagu "bukan Fals" cuma emang ga masuk sama lagunya itu sendiri, Lagu ke Acord A bassline ke Acord E, Jauh. :'(
jadi saran ane biar enak. masukin dulu Acapellanya yang pastinya sudah di sesuaikan temponya. lalu pakailah dulu bass moog untuk mengetahui acordnya. setelah jadi moog nya baru pelan2 masukin basslinenya. klo udah kelar semua. baru dah rakit bagan pelan2. ^_^

- Rolling snare : klo merasa ribet cut sample beat buat jadikan roliing snare. ya bisa gunakan sample roling snare yang ada. ini contoh cut beatnya :

- Cara beatmaper udah banyak tutornya. jadi ga ane bahas lagi ye.. 

Untuk malam ini kayakna segitu dulu, klo ada yang membinun kan silakan koment saja. atau klo ada teman2 yang ingin menambahkan masalah2 yang sering dihadapi saat kita ngmix lagu silakan saja ditambahkan.

Seperti biasa, catatan ini ane buat bukan karna ane sok jago atau apalah namanya. Ane cuma ingin berbagi bercerita saja tentang kendala2 yang sering dihadapi teman2 remixer yang baru terjun di dunia funkot. Ya lebih dan kurang ane mohon maaf, Ambil kelebihannya jika emang ada.. komentari kekurangannya jika ane khilaf atau salah, ini lebih baik untuk kita semua. Orang hebat tidak akan merasa hebat karna dia selalu kekurangan akan Ilmu. oleh sebab itu mari kita sama2 belajar untuk pencapaian kwalitas yang ingin kita raih. jangan ada kata menyerah, terus belajar dan belajar. jika anda merasa puas dengan ilmu yang sudah ada, dijamin anda akan cepat tersusul oleh orang2 yang selalu ingin belajar. (zzzzzzzzzzz malah ga jelas gini. xixixix..)

Ya, udin akhir kata ane ucapin semoga bermanfaat. Keep spirit end keep calm. :3


 Iwansteep Official

3 komentar:

  1. Mantap masbro, dibuatin videonya dong dari awal sampai belakang bagan tersebut, ane masih kurang ngerti klo gak didegerin lagunya.

    BalasHapus
  2. thanks bang . bermanfaat banget tutorial nya . thanks . . .

    BalasHapus
  3. video nya dong bang biar gampang ngerti :D

    BalasHapus